Cara Mendisable, Mengenable , dan Menguninstall Paket MikroTik

Baca Juga

Assalammualikum Wr.Wb
Bertemu lagi kita bertemu di Blog Coretan Si Thole menginjak di lab kali ini 
kita bahas tentang disable,enable dan uninstall paket. Secara singkatnya definisi dari paket yaitu sekumpulan file yang memiliki masing-masing fungsi tersendiri atau file-file yang memiliki fitur tersendiri. Untuk mempermudah berikut tabel paket beserta fitur yang dimiliki masing-masing paket .


Paket dan Fitur Mikrotik Routerboard
Paket Dan Fitur MikroTik
Untuk letak paket sendiri yaitu di system, lalu pilih packages


Setelah berkenalan dengan paket secara singkat kita lanjut dengan bahasan disable, enable, uninstall Dan berikut ini penjelasan disable,enable,uninstall :
  • Disable =Untuk menonaktifkan paket
  • Enable =Untuk mengaktifkan paket
  • Unistall = Untuk menghapus paket

Disable Paket

Untuk menonaktifkan (disable) yaitu pilih paket yang akan ingin di nonaktifkan. Kita akan menonaktifkan paket IPV6,Setelah di pilih kita pilih disable.


Atau juga dapat menggunakan CLI berikut perintah untuk menonaktifkan IPV6
[admin@MikroTik]system packages disable ipv6
Setelah disable akan muncul keterangan “scheduled for disable” yang menandakan bahwa paket yang telah kita disable akan nonaktifkan setelah di reboot (restart).


Reboot router dengan pilih system, lalu pilih reboot. Setelah di reboot paket akan ada tanda (X) disertai warna teks abu-abu yang menandakan paket IPV6 sudah dinonaktifkan.

Enable Paket

Untuk meng-enable yaitu dengan pilih paket yang ingin di enable. Kita akan mengaktifkan paket yang telah dinonaktifkan sebelumnya yaitu paket IPV6. Pilih paket IPV6, setelah memlih paket ipv6 lalu pilih enable.


Untuk CLI berikut perintah untuk mengaktifkan IPV6
[admin@MikroTik]system packages enable ipv6
Sama seperti disable setelah kita disable akan muncul keterangan “Scheduled for enable” yang menandakan bahwa paket akan aktif setelah router di reboot (restart).


Setelah di reboot maka paket akan aktif dengan hilangnya tanda (X) dan warna teksnya akan berubah yang sebelumnya berwarna abu-abu.



Uninstall Paket

Untuk menguninstall paket sama halnya dengan disable dan enable yaitu dengan memilih paket yang ingin di uninstall. Dalam uninstall kita akan menguninstall paket IPV6, setelah terpilih pilih unistall



Untuk CLI berikut perintah untuk menghapus (menguninstall) paket IPV6
[admin@MikroTik]system package uninstall ipv6
Tidak hanya disable dan enable namun begitu juga dengan uninstall akan muncul keterangan “Scheduled for uninstall” yang menandakan bahwa paket yang telah di uninstall akan terunistall (terhapus) setelah di reboot (restart).


Setelah di reboot paket yang di uninstall akan hilang yang berarti paket sukses di uninstall.


Kita telah berhasil dengan disable, enable, dan uninstall paket, namun bila terjadi masalah atau sekedar bertanya dapat tinggalkan komentar. 
Wassalammualikum Wr.Wb

Monggo yang mau bertanya tentang materi yang disampaikan atau yang lainnya silahkan tinggalkan komentar dengan :

~ Gunakan kata-kata yang baik dan sopan
~ Tidak berkomentar berbau SARA
~ Dan pastinya mudah dimengerti
~ Centang Notify Me untuk mendapat notifikasi komentar

Insyaallah di balas dengan secepatnya ~ Matur suwun atas perhatiannya :)
EmoticonEmoticon