Cara Mengkoneksikan Routerboard MikroTik dengan PC

Baca Juga

Assalammualaikum Wr.Wb

Lab pertama kali ini kita akan membahas cara mengkoneksikan atau menghubungkan routerboard dengan PC/Laptop. Dengan begitu antara PC dengan routerboard dapat saling terhubung sehingga kita dapat mengakses routerboard ataupun saling merngirim data. Untuk cara mengakses routerboard kita akan bahas di lab selanjutnya. 

Topologi

Sedangkan topologi yang akan digunakan sebagai berikut yaitu PC terhubung dengan routerboard pada ether2 dengan IP PC yaitu 192.168.100.2/24 dan routerboard ether2 yaitu 192.168.100.1/24.

Masuk Kedalam Winbox

Kita akan mengakses routerboard dengan winbox menggunakan mac address. Terus yang dipertanyakan mengapa kita menggunakan winbox ? Kita akan menggunakannya karena di winbox terdapat discovery protocol yang memungkinkan kita untuk mengetahui mac address, ip address, dll routerboard sehingga kita dapat mengakses routerboard menggunakan mac address Buka winbox, setelah itu refresh terlebih dahulu pada neighbors, bila routerboard sudah terhubung maka akan muncul pada list. Pada list pilih mac address, setelah itu secara otomatis akan muncul mac address pada connect to. Untuk login isi dengan “admin” sedangkan password dikosongkan, bila sudah terisi pilih connect untuk memulai mengakses router dengan winbox.



Konfigurasi IP Interface Routerboard dan PC

Untuk menambah ip pada routerboard seperti topologi diatas tepatnya interface ether2 yaitu dengan memilih IP pada menu sebelah kiri di winbox, lalu pilih addreses. Setelah itu akan menjumpai jendela baru yaitu address list. Pada jendela address list untuk menambah ip address pilih ikon (+) maka akan muncul jendela baru yaitu new address. Pada bagian address isi dengan IP yang di inginkan ,misal kita beri IP 192.168.100.1/24 sedangkan bagian interface pilih ether2,karena pc kita terhubung pada interface ether2. Setelah terisi pilih Apply, lalu Ok.


Jika kita ingin menggunakan terminal (Mode CLI) pada winbox untuk mengkonfigurasi IP ether2 yaitu dengan pilih new terminal pada bagian menu kiri winbox. Lalu ketikkan perintah sebagai berikut:

[admin@Mikrotik]ip address add address:192.168.100.1/24 interface:ether2

Setelah mengkonfigurasi IP interface ether2 routerboard kita lanjut konfigurasi IP PC. Untuk IP PC isi dengan IP satu network dengan ip interface ether2 agar dapat terhubung. Karena sebelumnya kita konfigurasi ether2 dengan IP yaitu 192.168.100.1/24, maka IP PC kita beri 192.168.100.2/24. 


Pengujian Menggunakan PING

Kita akan test apakah antara routerboard dengan PC sudah terhubung atau belum menggunakan PING. Buka CMD terlebih dahulu lalu coba ping ke IP routerboard, bila berhasil akan sebagai berikut:


Dan juga kita coba ping dari router menggunakan terminal winbox. Dengan cara pilih new terminal pada menu kiri di winbox ,lalu coba ping ke PC sedangkan untuk memberhentikannya tekan CTRL dan tekan huruf C secara bersamaan.


Sekian Lab kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua, apabila ada kesalahan penulisan boleh komentar dan mohon maaf. Ikuti terus lab selanjutnya. Sekian terima kasih.

Wassalammualaikum Wr.Wb

Monggo yang mau bertanya tentang materi yang disampaikan atau yang lainnya silahkan tinggalkan komentar dengan :

~ Gunakan kata-kata yang baik dan sopan
~ Tidak berkomentar berbau SARA
~ Dan pastinya mudah dimengerti
~ Centang Notify Me untuk mendapat notifikasi komentar

Insyaallah di balas dengan secepatnya ~ Matur suwun atas perhatiannya :)
EmoticonEmoticon