[Lab 10] Cara Mereset Konfigurasi MikroTik Dengan Hard Reset

Baca Juga

 

Assalammualaikum Wr.Wb

 Ok, ketemu lagi dengan materi reset lagi yaitu bagaimana kita mereset dengan menyentuh langsung perangkat routerboard si mikrotiknya, jadi kita tidak dapat memilih option kayak di soft reset configuration,seperti keep user configuration, no default configuration, dan do not backup . Intinya hasil dari hard reset, akan mereset konfigurasi mulai dari kita lupa password dan menghapus seluruh konfigurasi yang ada . Untuk perangkat routerboard mikrotik ada beberapa metode yaitu dengan menjumper dan menekan tombol,  Namun sebagian besar perangkat routerboard menyediakan tombol reset.

Menekan Tombol 

Terdapat di perangkat RB941 atau perangkat yang memiliki tombol. Untuk meresetnya, terlebih dahulu kita lepas catu daya atau kabel powernya.  Tekan dan tahan , tombol reset yang tersedia.


Jangan di lepas dulu, tekan terus. Lanjutnya tancapkan catu daya/power ke routerboard. Tahan tombol reset sampai lampu act berkedip, bila sudah berkedip lepaskan dari tombol reset. Dan konfigurasinya pun kereset namun apabila terdapat routerboard yang memiliki lubang seperti berikut, langkahnya sama cuman untuk menahannya kita harus pakai jarum / pulpen / lain sebagainya.


Mereset Dengan Lubang Jumper

Di perangkat routerboard yang terbaru saat ini juga disediakan lubang jumper untuk meresetnya. Seperti perangkat RB750/RB751/RB951 dan biasanya kita harus membuka penutupnya telebih dahulu untuk mereset konfigurasi dengan menjumper.


Pada tampilan diatas, kita dapat melihat terdapat bulatan dengan lubang ditengah dan untuk meresetnya kita tinggal mencolokkan obeng/pulpen/lain sebagainya.
Jadi, apabila kita lupa password ataupun usernya kita hanya dapat menggunakan hard reset  dan menginstall ulang dengan netinstall (kita akan bahas di lab selanjutnya untuk netinstall). Itulah yang dapat disampaikan apabila ada kurangnya mohon maaf, sekian dan terima kasih

Wassalammualaikum Wr.Wb 










Monggo yang mau bertanya tentang materi yang disampaikan atau yang lainnya silahkan tinggalkan komentar dengan :

~ Gunakan kata-kata yang baik dan sopan
~ Tidak berkomentar berbau SARA
~ Dan pastinya mudah dimengerti
~ Centang Notify Me untuk mendapat notifikasi komentar

Insyaallah di balas dengan secepatnya ~ Matur suwun atas perhatiannya :)
EmoticonEmoticon