[Lab 9 ] Cara Mereset Konfigurasi MikroTik Dengan Soft Reset

Baca Juga

Assalammualaikum Wr.Wb

Pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara mereset konfigurasi mikrotik yang dimana kita akan membutuhkan saat kita lupa username dan password. Biasanya diperlukan kita ingin menata dari nol atau masalah yang lain. Soft reset sendiri yaitu mereset konfigurasi mikrotik lewat software (mengakses dengan winbox , ssh , telnet , dll) . Sebelum kita mencoba soft reset, terlebih dahulu kita mengenal pilihan-pilihan/ option di soft reset yaitu:

  • Keep user configuration yaitu jika kita memilih keep user configuration , maka user yang ada atau yang telah di konfigurasi sebelumnya tidak terhapus yang artinya setelah reset kita dapat mengakses router dengan user tersebut.
  • No default configuration yaitu apabila kita memilih no default configuration maka router yang telah di reset menggunakan pilihan tersebut akan menghapus keseluruhan dari konfigurasi router.
  • Do not backup yaitu jika kita memilih do not backup,maka file backup atau yang berada di menu file akan di hapus (dihilangkan).
Dengan begitu kita harus tepat memilih jenis dalam soft reset configuration sehingga sesuai dengan harapan. Misalnya begini, kita memiliki konfigurasi dengan beberapa user seperti user admin yang terpassword ataupun user tambahan , dan nantinya kita ingin ketika di reset maka hanya konfigurasi user yang tidak akan tereset. Contohnya kita memiliki tampilan list user seperti berikut


Langsung saja kita mulai labnya dengan memilih menu system lalu pilih reset configuration, maka akan muncul jendela soft reset  dan juga terdapat pilihan-pilihan yang telah kita bahas. Karena kita usernya saja yang gak ikut tereset maka beri tanda check pada "keep user configuration". Selanjutnya pilih reset configuration dan jangan kaget bila aksesnya terputus karena router sedang reboot.


Karena kita pilih option reset keep user maka user default yang di beri password maupun user tambahan akan tetap ada. Sekian dulu lab kali ini, bila ada yang salah monggo di komen aja

Wassalammualaikum Wr.Wb

 

Monggo yang mau bertanya tentang materi yang disampaikan atau yang lainnya silahkan tinggalkan komentar dengan :

~ Gunakan kata-kata yang baik dan sopan
~ Tidak berkomentar berbau SARA
~ Dan pastinya mudah dimengerti
~ Centang Notify Me untuk mendapat notifikasi komentar

Insyaallah di balas dengan secepatnya ~ Matur suwun atas perhatiannya :)
EmoticonEmoticon