[Lab 8] Manajemen User Login Berdasarkan Service MikroTik

Baca Juga

Assalammualaikum Wr.Wb
Ketemu lagi di Blog Coretan Si Thole dimana pada Lab sebelumnya kita telah mempelajari manajemen user berdasarkan group (hak akses) yang dimana kita membuat user dengan nama Si-Thole sedangkan groupnya Lab-7 yang hak aksesnya hanya dapat menggunakan winbox dan melihat saja (read). Dalam Lab kali kita akan membahas manajemen user login-Service. Service sendiri merupakan layanan yang memiliki port default dan port default tersebut dapat kita ubah dengan alasan keamanan atau kita dapat dinonaktifkan maupun diaktifkan. Berikut port default atau dapat melihatnya di IP lalu service. 


 Menonaktifkan dan Mengaktifkan Service

Untuk menonaktifkan atau mengaktifkan service yaitu pilih IP lalu service. Pilih service yang akan dinonaktifkan atau diaktifkan ,pilih ikon (X)untuk menonaktifkan sedangkan untuk mengaktifkan service pilih ikon cek (V). Kita akan menon-aktifkan semua service kecuali winbox.

 Mengubah Port Service

Untuk mengubahnya yaitu masih tetap di jendela service pilih service yang akan di rubah portnya, kita akan mengubah port default winbox menjadi 199. Pilih winbox lalu rubah [ortnya menjadi 199 ,bila sudah apply dan ok. 

 Pengujian

Untuk menguji kita akses mikrotik dengan winbox karena service yang diaktifkan hanya winbox dengan port yang telah dirubah. Buka winbox isi IP router lalu tambahkan port yang telah di rubah dengan di pisah menggunakan tanda titik dua. Untuk usernya kita pakai saja admin lalu connect. 


Wassalammualaikum Wr.Wb

Monggo yang mau bertanya tentang materi yang disampaikan atau yang lainnya silahkan tinggalkan komentar dengan :

~ Gunakan kata-kata yang baik dan sopan
~ Tidak berkomentar berbau SARA
~ Dan pastinya mudah dimengerti
~ Centang Notify Me untuk mendapat notifikasi komentar

Insyaallah di balas dengan secepatnya ~ Matur suwun atas perhatiannya :)
EmoticonEmoticon