[Lab 7] Manajemen User Login Berdasarkan Group

Baca Juga

Assalammualaikum Wr.Wb
Pada Lab kali ini kita kita akan membahas manajemen user login berdasarkan group (hak akses). Secara default mikrotik memiliki user admin sedangkan group default mikrotik yaitu full,read,dan write. User admin termasuk kedalam group full karena memiliki hak akses penuh dalam mengkonfigurasi mikrotik. Nah berikut masing-masing definisi dari full, read, dan write :

  • Full = Dapat melihat,mengkonfigurasi,mengubah user,dan juga menghapus user
  • Read =Hanya dapat melihat
  • Write =Dapat mengkonfigurasi tetapi tidak dapat mengubah user dan menghapus user
Kita juga dapat menambahkan group dengan hak aksesnya ataupun kita dapat merubah hak akses ketiga group default tersebut Dan berikut hak akses default dari masing-masing dari group tersebut:


Untuk mempermudah lab kali ini kita akan tunjukan terlebih dahulu letak dari group dan user. Untuk melihat group yaitu pilih system di bagian kiri menu di winbox, lalu pilih users. Setelah memilih user akan muncul jendela user list dan pilih tab user untuk melihat user.


Sedangkan untuk melihat group yaitu dengan pilih tab groups pada jendela user list 

 Menambahkan Group 

Untuk membuat group pastikan kita sudah di tab groups pada jendela user list seperti yang di terangkan di atas, apabila sudah berada di tab groups pilih ikon (+) untuk menambahkan group. Setelah memilih ikon (+) akan muncul jendela baru yaitu new groups. Pada new groups isi bagian name dengan nama group yang ingin di buat, kali ini kita akan membuat group dengan nama group Lab-7 sedangkan hak aksesnya kita hanya pilih winbox dan read dengan mencentang winbox dan read, lalu apply dan ok. Jadi user yang memiliki group Lab-7 yang telah di buat akan hanya dapat mengakses dengan winbox dan dapat membaca-membaca saja. 

 Menambahkan User   

Untuk menambah user pastikan kita di tab user pada jendela user list. Pilih ikon (+) untuk menambah user yang inginkan, kita akan menambah user dengan nama Si-Thole dengan group yang telah kita buat yaitu Lab-7. Untuk bagian allowed address (alamat IP yang di ijinkan usntuk mengakses menggunakan user tsb) kita kosongi dan juga password kita kosongi, bila sudah apply dan ok.

 Pengujian 

Kita coba mengakses user Si-Thole menggunakan winbox. Buka winbox terdahulu isi IP router pada bagian connect to sedangkan login isi user yang telah di buat yaitu sibocah-it. Setelah terisi semua connect. 


Dan kita pun dapat mengakses dengan hanya menggunakan winbox dan hanya dapat melihat-melihat saja karena di dalam group “Lab-7” memiliki hak akses yaitu read dan winbox. 


Bila kita mencoba mengakses menggunakan selain winbox,kita tidak akan connect. Okay kita telah berhasil dari membuat group dengan nama Lab-7, membuat user dengan nama Si-Tholw, dan pengujian. Demikian Lab kali ini semoga bermanfaat, sekian terima kasih.
Wassalammualikum Wr.Wb

This Is The Oldest Page

Monggo yang mau bertanya tentang materi yang disampaikan atau yang lainnya silahkan tinggalkan komentar dengan :

~ Gunakan kata-kata yang baik dan sopan
~ Tidak berkomentar berbau SARA
~ Dan pastinya mudah dimengerti
~ Centang Notify Me untuk mendapat notifikasi komentar

Insyaallah di balas dengan secepatnya ~ Matur suwun atas perhatiannya :)
EmoticonEmoticon