Cara Menginstall Sistem Operasi Mikrotik RouterOS di PC

Baca Juga

Assalammualaikum Wr.Wb

Sebelum me-langkah menginstal RouterOS,disini kita akan membahas secara singkat apa sih routerOS? RouterOS merupakan sistem operasi router handal yang di pasang atau di install pada pc. Dalam routerboard routerOS sudah terpasang dalam routerboard sehingga kita tinggal mengkonfigurasi,namun tidak bagi pc kita harus menginstallnya terlebih dahulu. Dalam routerboard kita juga dapat menginstall ulang routerOS ,namun langkah-langkah menginstal ulang routeroard tidak sama halnya dengan menginstall pada pc,nah untuk menginstall ulang routerOS akan dibahas pada lab-lab berikutnya.

Jika kita membeli routerboard sudah terdapat routerOS dengan lisensi,namun jika kita ingin menggunakan pc sebagai router maka kita harus menginstall RouterOS dan memasukkan lisensi. Untuk spesifikasi komputer yang akan di install mikrotik RouterOS,tidak membutuhkan resource yang tinggi dan ingat harddisk yang akan di install mikrotik routerOS akan terhapus semua sehingga pastikan harddisk kosong atau tidak berisi data-data penting.
  • CD yang sudah di burn .iso routerOS (Isonya dapat download di mikrotik.com/download
  • Tentunya komputer yang akan di install routerOS
Bila semua sudah di persiapkan, pertama nyalakan komputer lalu masukkan CD kedalam CD/DVD. Setelah itu Setting boot awal  CD pada Bios komputer , bila sudah selesa save dan restart, bila sukses komputer akan booting pertama kali ke CD/DVD room dan akan muncul tampilan seperti berikut


Pilih paket/fitur yang ingin di install jika ingin memilih semua tekan tombol (a) Setelah itu tekan tombol (i) untuk memulai menginstall.

    Setelah itu akan muncul notifikasi Do you want to keep… tekan tombol (y)


    Langkah selanjutnya tekan tombol (y) akan muncul notifikasi untuk menghapus semua (pemformatan) data pada harddisk ,tekan tombol (y) untuk memulai menghapus semua data (pemformatan) harddisk.



    Tunggu proses installasi dan setelah proses intallasi sudah selasai ,maka akan muncul notifikasi untuk mereboot komputer. Tekan tombol “Enter” untuk memulai reboot.



    Setelah itu segera ambil CD dari CD/DVD room agar tidak mengulangi proses intallasi . jika sukses kita akan dibawa ke tampilan login. Login terlebih dahulu dengan defaultnya yaitu Login : Admin dan Password : (kosong) setelah itu tekan tombol Enter


    Setelah melalui beberapa langkah kita telah berhasil login ke mikrotik RouterOs. Berikut tampilan mikrotik RouterOS

    Karena kita telah berhasil menginstall mikrotik routerOS kita akhiri dulu lab kali ini semoga bermanfaat dan ikuti artikel menarik lainnya.

    Wassalammualikum Wr.Wb

    Monggo yang mau bertanya tentang materi yang disampaikan atau yang lainnya silahkan tinggalkan komentar dengan :

    ~ Gunakan kata-kata yang baik dan sopan
    ~ Tidak berkomentar berbau SARA
    ~ Dan pastinya mudah dimengerti
    ~ Centang Notify Me untuk mendapat notifikasi komentar

    Insyaallah di balas dengan secepatnya ~ Matur suwun atas perhatiannya :)
    EmoticonEmoticon